Selasa, 23 Oktober 2012

KESEHATAN ROHANI ( JIWA )

PENGERTIAN KESEHATAN ROHANI / JIWA


 

KesehatanJiwa  adalah perasaan sehat dan bahagia serta mampu mengatasi tantangan hidup, dapat menerima orang lain sebagaimana adanya serta mempunyai sikap positif terhadap diri sendiri dan orang lain. 



Kesehatan jiwa meliputi
:


  • Bagaimana perasaan anda terhadap diri sendiri
  • Bagaimana perasaan anda terhadap orang lain 
  • Bagaimana kemampuan anda mengatasi persoalan hidup anda Sehari - hari.

Fungsi mempelajari kesehatan jiwa adalah:


  • Pencegahan, Pencegahan akan ketidakpuasan atau tidak terpenuhi segala kebutuhan. Pencegahan  dilakukan agar terpenuhinya rasa cinta atau rasa sayang yang menimbulkan jiwa seseorang aman.
  • Perbaikan, Kesehatan mental berfungsi agar individu dapat menyesuaikan diri terhadap lingkungannya, akhirnya ia dapat diterima oleh lingkungannya maka akan timbul rasa aman pada diri individu tersebut. 
  • Pengembangan, Kesehatan mental berfungsi untuk mengembangkan individu agar terhindar dari kecemasan, yang mana apabila kecemasan yang berlebihan itu akan menyebabkan gangguan jiwa. Sehingga apabila individu itu terhindar dari kecemasan-kecemasan, maka akan menimbulkan rasa aman.

Tujuan mempelajari kesehatan jiwa adalah :


  • Menyehatkan jiwa, Tujuan mempelajari kesehatan mental yaitu menyehatkan kesehatan jiwa karena kita tahu dengan apa yang menyebabkan ganguan jiwa sehingga tercipta mental yang normal.
  • Mencegah hal-hal yang menyebabkan gangguan jiwa 
  • Membina jiwa agar tidak terkena gangguan mental / jiwa, sehingga tercipta rasa aman, diterima dalam lingkungannya, dan lain-lain.

Ditulis Oleh : screptz // 08.03
Kategori:

2 komentar:

  1. isi blognya sangat bermanfaat sekali, saya yakin pasti sangat bermanfaat buat siapa saja yang sudah membacanya, terus lanjutkan
    jangan lupa kunjungi blog saya juga ya... semoga kita dapat berbagi ilmu..
    http://kejasroh.blogspot.com

    BalasHapus
  2. isi blognya sangat bermanfaat sekali, saya yakin pasti sangat bermanfaat buat siapa saja yang sudah membacanya, terus lanjutkan
    jangan lupa kunjungi blog saya juga ya... semoga kita dapat berbagi ilmu..
    http://kejasroh.blogspot.com

    BalasHapus

 
Diberdayakan oleh Blogger.