Senin, 22 Oktober 2012

TIPS KESEHATAN


BEBERAPA TIPS KESEHATAN

Apakah Anda pernah berpikir bahwa banyak tips sehat yang bisa dilakukan dengan cara mudah? Ya, Anda tidak perlu pergi ke salon spa, tidak perlu menghabiskan banyak waktu dan biaya untuk pergi ke pusat-pusat fitnes untuk memperoleh tubuh yang sehat dan bugar.
Sehat secara alami adalah salah satu cara agar Anda bisa memperoleh tubuh sehat namun tidak mengeluarkan banyak biaya, atau bahkan gratis sama sekali. Sehat itu memang mahal, tapi untuk menjaga kesehatan tidak selalu harus diperoleh dengan banyak uang.

Tips Sehat untuk Anda
Berikut ini adalah beberapa tips untuk menjaga kesehatan tubuh. Anda pasti bisa menerapkannya karena tips-tips sehat berikut ini sangat mudah dan tak butuh banyak biaya.

• Menjaga kebersihan tubuh.
Menjaga kebersihan tubuh adalah hal yang sangat mutlak untuk menjaga kesehatan.Badan yang kotor atau berkeringat bisa mengundang banyak kuman yang bisa menurunkan kesehatan.
Mandilah secara teratur, minimal 2 kali sehari. Ganti baju dan pakaian dalam secara rutin agar tubuh terhindar dari kuman/bakteri merugikan yang bisa menyebabkan tubuh sakit.

• Olahraga teratur.
Lakukan olahraga secara teratur setiap harinya. Tidak perlu olahraga berat atau olahraga yang menyita banyak waktu. Jogging atau lari pagi sangat bagus untuk tubuh. Bila tidak ingin lari, Anda bisa jalan-jalan keliling kampung dengan kaki telanjang.
Untuk pertama kali mungkin memang agak sakit, namun bila sudah rutin dilakukan, tentu rasa sakit itu sudah hilang. Batu kecil atau jalan aspal yang tidak rata, cukup membantu pemijatan pada telapak kaki Anda.

Anda malas jogging pagi? tetaplah berolahraga dengan melakukan beberapa gerakan senam setiap hari agar otot-otot tidak kaku. Lakukan pula peregangan otot sebelum tidur agar tubuh menjadi rileks.

• Menjaga kesehatan kaki.
Bila Anda sering beraktivitas di luar dan banyak jalan kaki, jangan lupa untuk merendamnya dengan air hangat ketika pulang ke rumah. Setelah itu duduk di lantai dan luruskan kaki, bisa sambil menonton televisi atau baca buku.
Sekali -sekali lakukan gerakan mencium lutut saat kaki diluruskan. Hal ini dipercaya bisa mencegah datangnya varises yang umumnya muncul di paha/kaki.

• Tidur cukup.
Tidurlah yang cukup setiap hari agar tubuh tidak capek dan hindari tidur terlalu larut malam. Jangan paksakan tubuh bekerja terlalu berat, karena tubuh yang kelelahan sangat mudah untuk diserang penyakit.

• Perhatikan pola makan.
Atur pola makan dan perhatikan gizi yang masuk ke dalam tubuh. Ini juga merupakan salah satu tips sehat agar terhindar dari penyakit.
Perbanyak makan sayuran dan buah-buahan, karena kedua bahan ini merupakan sumber vitamin dan mineral yang sangat bagus bagi tubuh. Hindari makanan berminyak, kalengan, atau makanan yang diasap. Makanan seperti ini umumnya menyebabkan kesehatan tubuh menurun.

• Minum susu.
Minumlah susu secara teratur untuk memenuhi kebutuhan kalsium dalam tubuh Anda. Jangan lupa juga untuk minum air putih sebanyak 7-8 gelas per hari agar tubuh tidak dehidrasi dan selalu segar bugar.
Sebisa mungkin hindari minuman yang terlalu manis dan juga minuman bersoda, minuman seperti ini tidak terlalu baik bagi kesehatan tubuh Anda.

• Menjaga mata.
Tips sehat khusus mata adalah jangan biarkan mata Anda terlalu lelah. Zaman sekarang, banyak orang bekerja dengan komputer dan mata menjadi cepat lelah.
Sesekali buat mata rileks dengan memandang kehijauan (pohon, gunung, dll), hal ini dipercaya bisa menyehatkan mata Anda dan membuat mata kembali segar.
Bila Anda suka membaca buku dan mata terasa lelah, tinggalkan buku Anda dan pendanglah benda-benda yang jaraknya cukup jauh. Kadang orang membaca buku terlalu dekat, karena itu perlu untuk melihat benda-benda jauh agar otot mata tidak terlalu tegang.
Ketika tidur, kompreslah mata dengan irisan mentimun untuk membuat otot sekitar mata menjadi rileks sekaligus mencegah lingkaran hitam di sekeliling mata yang kerap muncul ketika sedang kelelahan/kurang tidur.

• Hindari stres.
Tips sehat yang lain adalah menjaga pikiran, karena pikiran juga mempengaruhi kesehatan. Hindari memikirkan hal-hal yang membuat stres/depresi. Ketika stres, maka sel-sel dalam tubuh ikut terpengaruh dan bisa membuat sel tubuh jadi hiperaktif sehingga menyebabkan penurunan kesehatan.

• Hindari rokok dan alkohol.

Hindari kebiasaan buruk yang menyebabkan kesehatan menurun, seperti merokok atau mengkonsumsi minuman beralkohol. Hal ini hanya akan merusak dan menurunkan kinerja organ-organ dalam tubuh.

Itulah beberapa tips sehat yang sangat mudah dilakukan, tak banyak biaya bahkan gratis. Mulailah hidup sehat dari sekarang agar penyakit tak mudah menyerang.


Ditulis Oleh : screptz // 06.56
Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Diberdayakan oleh Blogger.